Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI KALIMANTAN TENGAH
WISATA PANTAI SUNGAI BAKAU

Wilayah Kalimantan Tengah tepatnya di kabupaten Seruyan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pantai dan berbatasan langsung dengan laut Jawa. Seruyan memiliki berbagai tempat wisata yang bisa di kunjungi para traveller khususnya wisata pantai. hutan yang masih lebat, suasana lingkungan yang asri dan hijau serta udara yang segar membuat Kalimantan memiliki potensi wisata yang cukup bagus.

Ada beberapa destinasi wisata yang bisa traveller kunjungi di Kabupaten Seruyan, salah satunya adalah yang berada di Taman Nasional Tanjung Putting dimana letaknya berbatasan langsung dengan Kotawaringin Barat termasuk Danau Sembuluh. Destinasi tersebut adalah Pantai Sungai Bakau yang saat ini menjadi destinasi wisata untuk melihat secara langsung pemandangan laut. Di lokasi tersebut terdapat Pelabuhan Laut Teluk Sigintung. Banyak traveller yang memanfaatkan tempat tersebut untuk memancing sambil duduk di tepi pelabuhan.

Di deretan pelabuhan tersebut, traveller juga bisa menikmati Pantai Sungai Bakau. Selain pantai, didekatnya juga terdapat muara sungai. Pantai Sungai Bakai menawarkan pemandangan pasir yang sangat putih dan indah. Pantai ini termasuk pantai yang cukup sepi selain hari liburam maupun hari raya. Untuk memasuki lokasi wisata tidak di pungut biaya maupun retribusi, karena pantai tersebut belum dikelola secara maksimal. Terpenting ketika traveller berkunjung ke Pantai Sungai Bakau harus menjaga kebersihan.

Selama di pantai traveller bisa menikmati pasir putih di bibir pantai. anginnya yang kencang juga menghanyutkan padang ilalang serta rumput dan daun kelapa yang bergoyang. Untuk menuju lokasi ini memang di butuhkan 20 menit atau sekitar 15 kilometer dari kota Kuala Pembuang baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Pantai yang mempunyai mura sungau ini, disekitarnya di tumbuhi banyak pohon bakau. Traveller yang akan kepamntai akan disuguhi dengan pemandangan Padang rumput dengan ilalang dan pohon nipah. Menurut masyarakat setempat daerah ini merupakan daerah gaib yang tidak terlihat. Disini traveller tidak boleh buang air kecil sembarangan.

Keunikan lainnya dari Pantai Sungai Bakau ini adalah saat traveller memasuki wilayah pantai. banyak gerombolan kera liar yang akan menyambut di antara pantai. banyak sekali juga pohon kelapa berjajar rapi dengan nyiur melambainya yang seakan-akan menyambut para traveller yang berkunjung ke Pantai Sungai Bakau.

Ombaknya yang tidak besar membuat pantai ini relative aman.Banyak cara yang bisa dilakukan traveller untuk menikmati pantai tersebut. Pantai dengan panjang 800 meter ini bisa di gunakan untuk jogging, bersantai menatap garis cakrawala di Laut Jawa di sisi selatan. Selain itu, berdiri sebuah pendapa dan panggung hiburan yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk panggung hiburan.

Foto Oleh : Republika

LIHAT WISATA PROPINSI KALIMANTAN TENGAH

Wisata Terkait