Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI JAWA TIMUR
WISATA PEKALEN PROBOLINGGO

Mengisi liburan dengan berpetualang merupakan impian bagi setiap orang. Ke pantai gunung dan lain sebagainya merupakan alternative yang bisa di lakukan. Namun jika traveller ingin mencoba jenis liburan lainnya yang dapat memicu adrenalin bisa berkunjung ke Sungai Pekalen Probolinggo.

Sungai Pekalen Probolinggo merupakan sungai yang di khususkan untuk olahraga rafting. Selain sebagai tempat liburan dan memacu adrenalin bagi para traveller yang mempunyai hobi olahraga air, sungai Pekalen juga biasa digunakan untuk perlombaan arung jeram atau rafting tersebut.

Untuk menikmati olahraga Rafting atau Arung Jeram tersebut, para traveller bisa langsung menuju ke wilayah Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo. Lokasinya yang tidak terlalu dari Bromo, bisa di gunakan sebagai alternative kedua untuk mencoba arung jeram setelah berpetualang di Pegunungan Bromo. Banyak penunjuk jalan di sekitar Jalan Raya Probolinggi yang membantu menunjukkan arah ke lokasi Rafting.

Beberapa operator rafting banyak tersedia di sekitar sungai Pekalen tersebut. Biasanya satu paket rafting terdiri dari dua pilihan, yaitu tanpa menginap dan dengan menginap. Itu pun disesuaikan dengan kondisi fisik serta keinginan traveller yang akan melakukan olahraga rafting. Beberapa operator banyak yang sudah menyediakan bungalow khusus untuk tamu yang ingin menginap.  Sebelum melakukan rafting, traveller bisa bersantai sembari bermalam dan bercengkrama menikmati suasana bungalow yang sangat dekat dengan suasana alam sekitar.

Keesokan paginya traveller bisa langsung menyiapkan petualangna baru untuk rafting setelah sarapan. Sungai Pekalen terdiri dari dua jalur yang bisa dinikmati, yaitu Sungai Pekalen Atas dan Sungai Pekalen Bawah. Untuk pemula, sebaiknya pilih jalur Sungai Pekalen Atas. Namun jika sudah terbiasa dengan olahraga ini, Sungai Pekalen Bawah merupakan tantangan tersendiri.

Sungai Pekalen Atas menawarkan jalur yang memang lebih panjang, sekitar 12 km dan estimasi waktu yang cukup panjang, Selama perjalanan traveller bisa menikmati keindahan panoramanya alam sekitar. Karena arus jeramnya tidak terlalu deras dibandingkan dengan Sungai Pekalen bawah, maka bisa lebih santai menikmati pemandangan alam.

Beberapa jalur yang di lewati saat Rafting di Sungai Pekalen Atas adalah ketika traveller melewati jalur dengan pemandangan semacam tebing alami yang terdapat banyak gua. Disini juga terletak salah satu spot favorit bagi pejeram, yaitu adalah air terjun gua kelelawar.

Air terjun dengan  suara dan bau kotoran kelelewar yang menjadi ciri  khusus saat melewatinya, disini biasanya pemandu rafting menyarankan untuk berhenti bersitirahat serta  berfoto bersama dengan latar belakang derasnya air terjun.

Jika lelah di tengah perjalanan, sobat akan beristirahat sejenak sambil makan camilan hangat seperti singkong goreng atau pisang oreng dan minum teh hangat, baru kemudian melanjutkan sisa perjalanan.

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TIMUR