Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI JAWA TIMUR
WISATA PACITAN

 

Pacitan merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Wonogiri (Jawa Tengah) menyimpan keindahan tersendiri di pesisir pantai selatan. Selain terkenal akan Wisata Goa dan Teluk Pacitan, Pacitan juga terdapat pantai yang belum terlalu banyak dikunjungi oleh para traveler dan wisatawan, seperti Pantai Buyutan.

 

Jika Traveler ingin menikmati tenggelamnya matahari, Pantai Buyutan adalah tempat yang sangat tepat untuk menikmati senja berganti malam. Lalu bagaimana traveler untuk bisa menuju ke Pantai Buyutan yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo Pacitan ini?

 

Jika Traveler sudah tau jalan menuju Goa Gong  atau bisa melewati jalan utama Solo-Pacitan, tentunya traveler akan tau komplek lokasi Gia Ging, dari Goa Gong traveler bisa berjalan melewati jurusan Kalak, jalan terus hingga pasar kalak. Setelah melakukan perjalanan beberapa kilometer akan meneui pertigaan dan ambil jala kea rah Desa Widoro dan bertanya warga sekitar untuk menuju Pantai Buyutan.

 

Perjalanan menuju pantai ini cukup menyenangkan dan sedikit tantangan, karena tidak semua jalan beraspal ketika sampai di Desa Widoro. Lokasi pantai diawali dengan hamparan persawahan yang sangat luas dan rata, dengan hiasan gubuk-gubuk petani yang menyajikan panorama landscape yang sangat menawan terutama jika traveler kesana pagi atau senja hari. 

 

Ketika sampai di ujung jalan atau di ujung selatan kawasan persawahan ini, pesona sesungguhnya barulah nampak di hadapan para traveler nantinya. Sebuah pantai yang tersembunyi di bawah areal pesawahan dengan pasir putih yang menghampar sepanjang tepiannya dengan air laut yang sangat jernih sungguh menyajikan pesona alam yang tidak mungkin traveler bisa lupakan.

 

Sebelum menuju pantai, traveler bisa berhenti sejenak menikmati pantai dari lokasi tertinggi di pesisir pantai tersebut, traveler juga bisa memarkirkan kendaraan terlebih dahulu jika membawa mobil lalu mulai berjalan kaki di area pantai dengan jalan menurun dan sedikit curam.

 

Bagi traveler yang suka berkemah, bisa mendirikan tenda di sekitaran kawasan Pantai Buyutan, karena disini terdapat tanah lapang bisa  digunakan untuk berkemah. Traveler yang menginap dengan menggunakan tenda atau ber kemah disini tidak perlukhawatir, karena ada sumber air tawar yang bisa digunakan untuk kebutuhan selama disana.

Oh iya, bagi traveler perlu berhati-hati di pantai ini terutama ketika mendirikan tenda, karena di tebing-tebing di belakang kawasan pantai merupakan habitat yang dihuni kawanan monyet. Meskipun tidak terlalu mengganggu, tapi tidak ada salahnya untuk waspada terhadap barang-barang bawaan.

 

Selain pasir putih yang indah, cirikhas dari Pantai Buyutan adalah terdapat beraneka ragam bentuk batu karang, ada yang seperti perahu, mahkota dewa. Ada beberapa mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, batu ini dulunya merupakan mahkota dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan itu.

Meskipun Pantai Buyutan belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah sebagai tujuan wisata, tetapi tetap menyajikan fasilitas alam yang tentunya sangat mendukung pesona keindahannya untuk destinasi para traveler.

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TIMUR