Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI JAWA TIMUR
WISATA AIR TERJUN IRENGGOLO

Kediri, merupakan salah satu kota di Propinsi Jawa TImur yang terletak tidak jauh dari Malang. Di kota Kediri yang dikelilingi oleh pegunungan ini menyimpan salah satu air terjun yang cukup di kenal dan tepatnya terletak di wilayah gugusan gunung Wilis, yang di sebut dengan Air Terjun Irenggolo.

Bagi traveller yang suka akan petualangan alam dan ingin menyatu dengan alam, air terjun Irenggolo adalah salah satu pilihan. Untuk menuju ke Air Terjun Irenggolo, traveller harus menempuh perjalanan sekitar 28 kilometer kea rah barat daya kota Kediri. Jalan yang cukup sepi dan tidak terlalu ramai, jarak tersebut bisa di tempuh dalam kurun waktu kurang lebih 30 menit.

Sepanjang perjalanan, traveller akan melewati jalur yang berkelok, hingga hutan tanaman perkebunan seperti Pohon Karet, Cengkeh, Kopo dan beberapa tanaman lainnnya yang terhampar di lahan pertanian sepanjang perjalanan. Deretan pohon pinus juga di jumpai, hingga lahan yang berada di wilayah pegunungan, seperti sawah dengan model berundak atau terasering seperti di Bali.

Tidak terasa traveller sudah melakukan perjalanan hingga di ketinggian 1200 meter. Disana tersedia tempat parkir dan traveller harus jalan kali terlebih dahulu dengan jalanan menurun sedikit curam sejauh 200 meter.

Rindangnya pohon serta udara yang sejuk, bisa traveller jumpai selama berjalan kaki. Panorama berupa rindangnya pepohonan dan sejuknya udara bisa traveller jumpai. Tak lama kemudian akan terdengar suara gemericik air dari air terjun seakan-akan mengundang untuk bergegas sampai di lokasi.

Perjalanan panjang akan terbayar dengan melihat Air terjun di depan mata. Ketinggian air Irenggolo tersebut sekitar 80 meter. Jika diperhatikan secara sesame, air dari Irenggolo tidak langsung jatuh ke tanah, melainkan melewati bebatuan cadas yang berbentuk tangga hasil cetakan alam. Sehingga percikan air dari bebatuan itu menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Setelah bebatuan, terdapat kolam alami. Di sinilah traveller bisa bebas bermain air sambil berenang, tidak perlu khawatir soal kedalaman, karena dasar kolamnya tidak dalam. Beberapa pengunjung memanfaatkan kolam tersebut sebagai tempat berfoto-foto. Setelah bermain air tentunya rasa lapar akan melanda, traveller tidak perlu khawatir, di sekitar kawasan Irenggolo terdapat banyak warung makan yang menawarkan hidangan masakan lokal seperti Tiwul Goreng, tumis pakis, tumis daun manisan, maupun tumis daun sintrong yang jarang di temui di kota-kota besar, apalagi di sekitar Air Terjun Irenggolo harganya relative murah dan merakyat.

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TIMUR

Wisata Terkait