Create your own trip! You can choose between Private or Public Tour. Use "Find Trip" to search a existing trips.

Create and join trip

Date Type Qty

Find an existing trip

From To

PROPINSI JAWA TIMUR
WISATA BUKIT JADDIH

Madura, Kawasan yang dikenal dengan Karapan Sapinya menyimpan potensi alam yang cukup unik bagi travele. Madura tidak hanya terkenal karena jembatan suramadunya. Akan tetapi disana terdapat satu wilayah dataran tinggi yang sangat menarik, yaitu Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih akhir-akhir ini sangat populer dikalangan para traveler muda. Bukit ini sebenarnya adalah bukit kapur sisa hasil penambangan yang sekarang menjadi kawasan unik yang sedang hangat diperbincangkan dikalangan traveler.

Bukit Jaddih terletak di kawasan Bangkalan Madura tepatnya di Desa  Jaddih kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan Madura Jawa Timur. Letaknya kurang lebih 10 Kilometer dari pusat kota Bangkalan. Disinilah traveler nantinya akan dimanjakan matanya oleh keelokan pesona bukit yang terdiri dari kapur ini.

Jika traveler berada disana, traveler akan melihat bentuk Bukit Jaddih yang unik, karena ini bekas area penambangan maka bukit Jaddih tidak terbentuk secara alami, melainkan terbuat dari pahatan para penambang kapur yang sudah berada disana sudah lama. Hasil pahatan dan kerukan tambang kapur tersebut akhirnya membentuk tebing yang sangat artistik.

Banyak sekali kalangan traveler dan hobby fotografi berkunjung ke kawasan ini untuk berfoto dan unggah di sosial media dan akhirnya menjadi viral sehingga membuat orang yang melihatnya sangat penasaran. Setelah menjadi viral akhirnya tempat ini menjadi kawasan atau destinasi wisata baru dalam negeri.

Sekilas kawasan Bukit Jaddih ini sangat mirip dengan Brown Canyon yang berada di Semarang. Uniknya traveler tidak akan menyangka jika diatas dan tengah-tengah bukit serta tebing dengan guratan kapur putih berukuran sangat besar tersebut terdapat Kolam Renang.

Kolam Renang tersebut bersumber dari mata air asli yang di ambil langsung dari bawah tanah kapur tersebut. Orang Madura menyebutnya “Aeng Gowe Pote” yang berarti Air Goa Putih. Di kawasan tersebut traveler bisa bersantai , menikmati beberapa hamparan bukit yang sebagian sudah ditumbuhi tumbuhan hijau.

Traveler yang datang kesini tentunya juga harus hati-hati, karena kawasan ini sampai saat ini masih menjadi kawasan tambang aktif. Selain masih tahap renovasi. Masih banyak kendaraan dan alat-alat berat berlalu lalang. Traveler juga disarankan waktu yang tepat untuk mengunjungi bukit Jaddih adalah ketika pagi atau sore hari. Karena ketika siang hari cuaca cukup panas dan menyengat, jadi traveler harus membawa peralatan sendiri seperti payung atau kacamata sebagai pelindung.

LIHAT WISATA PROPINSI JAWA TIMUR

Wisata Terkait