Buat Perjalanan sesukamu, tentukan perjalanan secara private atau umum. Gunakan menu Cari Perjalanan untuk gabung ke perjalanan yang sudah ada.

BUAT DAN GABUNG PERJALANAN

Tanggal Jenis Jml Orang

Search Trips Existing

Tanggal Awal Tanggal Akhir

PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
WISATA MASJID BESAR KAUMAN

Sejarah kota Jogja memang tidak lepas dari sejarah Islam. Seperti salah satu peninggalan sejarah yang cukup di kenal oleh warga Yogyakarta, yaitu Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I bersama dengan penghulu kraton pertama yaitu Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat. Masjid yang di arsiteki oleh Kyai Wiryokusumo ini sudah berusia berabad-abad. Tepatnya dibangun pada tahun 1773 Masehi.

Untuk menuju lokasi Masjid Besar Kauman, traveller bisa beranjak menuju alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Masjid ini terletak di Kelurahan Ngupasan, Gondomanan Jogja. Jika traveller melewati Malioboro bisa langsung menuju ke lokasi RS PKU Muhammadiyah Jogja. Didekat wilayah tersebut terdapat gapura Kamuan, disitulah Masjid Besar Kauman berada.

Pertama kali menginjakkan kaki di kompleks Masjid Gedhe Kauman, traveller akan melihat konstruksi bangunan yang dikelilingi dinding yang cukup tinggi dengan serambi Masjid berbentuk limas seperti arsitektur jawa pada umumnya. traveller juga bisa melihat di sisi utara timur dan selatan serambi masjid terdapat kolam yang biasa digunakan untuk mencuci kaki jamaah yang hendak akan sholat di masjid.

Bagi traveller muslim khususnya, tentunya tidak lengkap jika bepergian ke Jogja tidak menyempatkan diri beribadah di Masjid Gedhe Kauman ini. Masjid yang terletak di kampung kauman ini sungguh sangat agamis di bandingkan kampung-kampung lainnya. Pada masanya di jaman mataram. Kauman merupakan suatu pusat ke agamaan dengan para anggotanya para abdi dalem kraton. Sekitar komplek masjid juga terdapat beberapa pondok pesantran yang sampai sekarang masih ada.

Masjid Gedhe Kauman yang mempunyai luas kurang lebih 16.000 meter persegi ini terdiri dari beberapa bangunan selain masjid. Bangunan selain masjid tersebut seperti Pagongan yang juga terletak gamelan di dalamnya. Terdapat juga Pengulon atau rumah para ulama serta imam. Masjid yang ruangannya di sangga dengan 36 tiang ini hampir keseluruhan bahan baku kayunya terbuat dari kayu jati jawa tanpa sambungan. Bisa bayangkan kan, betapa hebatnya orang-orang jaman kerajaan ketika membangun Masjid Gedhe Kauman.

LIHAT WISATA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA